Langsung ke konten utama

Arsitektur Web

Web arsitecture

Pada gambar diatas merupakan arsitektur dasar sebuah web yang banyak digunakan dan dikembangkan menjadi lebih kompleks sesuai kebutuhan.

Berikut Penjelasan lebih rincinya

Server

Server merupakan sebuah komputer server yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Web Server dan Database, namun beberapa arsitektur yang lebih kompleks Database di tempatkan pada server yang terpisah dengan Web Server. Pada dasarnya server sama seperti Personal Computer hanya saja, spesifikasi komputer server sudah disesuaikan untuk kebutuhan server agar sanggup menyala 24 jam dan menahan beban proses yang besar.

Web Server

Web Server merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerima permintaan dari HTTP atua HTTPS dari client yang bias kita kenal sebagai Web Browser (Mozila Firefox, Google Chrome, Safari). Permintaan yang diterima Web Server berupa berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. Setiap permintaan akan diteransfer ke client melalui protocol komunikasi yang telah ditentukan dengan sedemikian rupa.

Web Files

Web Files terdiri dari berkas teks, video, gambar, dan file-file yang akan disuguhkan ke client. Web Files ini yang dikemas dan disebut aplikasi web. Untuj membangun sebuah aplikasi web atau website kita harus mengetahui penggunaan HTML, CSS, salah satu Bahasa Pemerograman untuk web (PHP, Pyhton dan banyak lagi)

Database

Database disini merupakan aplikasi yang digunkan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk sebuah website. Untuk penjelasan database lebih detail bisa akses tartan berikut "Pengenalan Basis Data (Database)"

Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). Internet disini digunakan untuk mengirim permintaan dari client dan menerima hasilnya.

PC/Laptop/Mobile

PC/Laptop/Mobile yang dimaksud adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses sebuah website

Web Browser

Web Browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk megakses sebuah website melalui jaringan internet. Mozila Firefox, Google Chrome, Safari merupakan salah satu dari Web Browser yang banyak digunakan pengguna internet.